Okupansi hotel di Mataram ditargetkan 70 persen saat MXGP 2024

MATARAM – Asosiasi Hotel Mataram (AHM) Provinsi Nusa Tenggara Barat menargetkan okupansi hotel di Kota Mataram mencapai 70 persen saat pelaksanaan Motocross Grand Prix (MXGP) yang akan berlangsung di Sirkuit Selaparang Kota Mataram pada 27 Juni hingga 7 Juli 2024.

“Target kami, okupansi hotel pada Jumat (28/6) bisa mencapai 70 persen lebih,” kata Ketua AHM I Made Adiyasa Kurniawan di Mataram, Senin.

Adiyasa mengakui dalam kegiatan ini AHM tidak bisa menargetkan okupansi hotel mencapai 100 persen seperti ketika perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Alasannya, karena ajang balap motor MXGP dengan MotoGP berbeda jauh. MotoGP sudah dikenal secara nasional, sedangkan MXGP baru mulai dipublikasikan.

“Karena itu, tamu yang akan menonton MotoGP harus memesan hotel jauh-jauh hari sebelum MotoGP berlangsung,”

Sementara informasi dari pelaku hotel di Mataram yang diterima terakhir pada Minggu (23/6) malam, hunian hotel saat ini masih pada angka normal yakni sekitar 50-55 persen.

Angka itu belum menunjukkan kenaikan, meskipun sudah masuk musim libur sekolah. Namun dari informasi tanggal 25-29 Juni 2024, akan ada pertandingan Olahraga Hoki di Gelanggang Olahraga (GOR) Turide Mataram dari delapan provinsi.

“Tapi kami belum tahu mereka akan menginap di mana sebab atlet mencari sendiri penginapan. Mungkin sekarang para atlet sudah di Mataram,” katanya.

Di sisi lain, lanjut Adiyasa, sejauh ini para pelaku usaha perhotelan juga belum menerima pemesanan hotel kendati pelaksanaan ajang balap motor MXGP tersebut tinggal menghitung hari.

“Tapi kami berharap okupansi hotel bisa meningkat pada hari Jumat atau dua hari terakhir pertandingan seri pertama,”

Menurutnya, berdasarkan dari pengalaman pelaksanaan MXGP 2023, pengakuan tamu yang menginap di sejumlah hotel mereka datang untuk menonton konser grup musik DEWA-19 bukan untuk MXGP.

“Mereka baru tahu kalau ada MXGP pada saat sudah di lokasi. Tahun lalu panitia menghadirkan DEWA-19 untuk kegiatan hiburan,” katanya.

Selain itu, tambah, para tamu yang menginap di hotel saat MXGP rata-rata merupakan tamu lokal atau masih warga NTB yang ingin menonton DEWA-19.

“Harapan kita semoga tahun ini bisa lebih baik. Apalagi dari informasi panitia akan menghadirkan Raisa dalam acara hiburan MXGP Selaparang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *